Breaking News

Monday 9 May 2016

Tahukah anda jika islam telah menjawab siapa itu tuhan.

Tuhan ialah yang menciptakan semua ini, dunia dan seisi nya. Tuhan itu tidak memiliki kesamaan karena dia lah satu-satu yang mampu menciptakan semua ini. Lantas siapa kah tuhan?? Tanpa kita sadari islam telah menjawab siapa itu tuhan. Dalam agama islam, mereka menyembah Allah swt. sebagai tuhan, karena dalam kitab suci umat islam di jelas kan bagaimana tuhan tersebut. Dalam Al-Ikhlas Ayat 1-4 di jelaskan bagaimana ciri-ciri tuhan tersebut.

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ

قُلْ هُوَ ٱللَّهُ أَحَدٌ ﴿١﴾ ٱللَّهُ ٱلصَّمَدُ ﴿٢﴾ لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُولَدْ ﴿٣﴾ وَلَمْ يَكُن لَّهُۥ كُفُوًا أَحَدٌۢ ﴿٤

Artinya:
1). Katakanlah: Dia-lah Allah, Yang Maha Esa
2). Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu
3). Dia tiada beranak dan tidak pula diperanakkan
4). Dan tidak ada seorangpun yang setara dengan Dia

Ayat pertama:

Pada ayat ini Allah menyuruh Nabi-Nya menjawab pertanyaan orang-orang yang menanyakan tentang sifat Tuhannya, bahwa Dia adalah Allah Yang Maha Esa, tidak tersusun dan tidak berbilang, karena berbilang dalam susunan zat berarti bahwa bagian kumpulan itu memerlukan bagian yang lain, sedang Allah sama sekali tidak memerlukan sesuatu apapun.

Ayat kedua:

Pada ayat ini Allah menambahkan penjelasan tentang sifat Tuhan Yang Maha Esa itu, yaitu Dia adalah Tuhan tempat meminta dan memohon. 

Ayat ketiga:

Dalam ayat ini Allah menegaskan bahwa Maha Suci Dia dari mempunyai anak. Ayat ini juga menentang dakwaan orang-orang musyrik Arab yang mengatakan bahwa malaikat-malaikat adalah anak-anak perempuan Allah dan dakwaan orang Nasrani bahwa Isa anak laki-laki Allah. Dan Dia tidak beranak, tidak pula diperanakkan. Dengan demikian Dia tidak sama dengan makhluk lainnya, Dia berada tidak didahului oleh tidak ada. Maha suci Allah dari apa yang tersebut.

Ayat keempat:

Dalam ayat ini Allah menjelaskan lagi bahwa tidak ada yang setara dan sebanding dengan Dia dalam zat, Sifat dan perbuatan-Nya. Ini adalah tantangan terhadap orang-orang yang beriktikad bahwa ada yang setara dan menyerupai Allah dalam perbuatannya, sebagaimana pendirian orang-orang musyrik Arab yang menyatakan bahwa malaikat itu adalah sekutu Allah.

Semoga ini bisa menjadi renungan bagi kita semua. karena hanya Allah lah yang patut di sembah tidak ada yang lain. Semoga artikel ini bisa menambah ilmu pengetahuan kita tentang islam Amin

Admin : Abdul hakim
 

5 comments:

  1. Kalau pada era kekinian, apa orang yang tidak percaya Al Quran akan mudah menerima argumen ini?

    ReplyDelete
  2. Ilmu Tauhid memang penting kita pljri sbgai ummat..

    ReplyDelete
  3. Sipp gan, perbanyak artikel yg bermanfaat...satu kebaikan yg anda berikan akan dibalas oleh Allah berlipat2, Insyaallah

    ReplyDelete

Designed By