Breaking News

Sunday 27 March 2016

Tahukah anda kemana roh kita akan pergi jika kita tidur?

Tidur seringkali dikatakan sebagai kematian  sementara manusia. Sebab, roh didalam tubuh manusia akan meninggalkan tubuh yang terbaring. Lalu, ke mana roh kamu akan pergi ?

Memang tidak mungkin hal ini untuk diteliti, sebab tidak akan bisa satu orang pun yang dapat menelitinya. Tapi, di dalam Al-Quran sudah dijelaskan, seperti pada surah Az-Zumar ayat 42 Allah berfirman :

“Allah memegang jiwa (orang) ketika matinya dan (memegang) jiwa (orang) yang belum mati di waktu tidurnya; maka Dia tahanlah jiwa (orang) yang telah Dia tetapkan kematiannya dan Dia melepaskan jiwa yang lain sampai waktu yang ditentukan. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda kekuasaan Allah bagi kaum yang berpikir.”

Ayat tersebut menjelaskan jika Allah memegang jiwa-jiwa manusia ketika sedang tidur. Karena itulah, ketika tidur kita harus seperti sabda Rasulullah :

Apabila salah seorang di antara kalian bangun dari tempat tidurnya, kemudian kembali lagi, hendaklah ia mengibas-ngibaskan kainnya tiga kali (sebelum tibur pada tempat tidurnya). Sesungguhnya ia tidak mengetahui apa yang terjadi saat ia meninggalkannya. Dan apabila berbaring, hendaklah ia membaca : ‘Dengan menyebut nama-Mu ya Allah, Rabb-ku, aku meletakkan lambungku (tidur), dan dengan-Mu pula aku mengangkatnya (bangun). Apabila Engkau menahan diriku (mati), sayangilah aku. Namun bila Engkau melepaskannya (hidup), peliharalah ia sebagaimana Engkau telah pelihara dengannya hamba-hamba-Mu yang shalih”.

Seperti dilansir islampos.com, sebelum tidur sebaiknya kamu terlebih dahulu berwudhu, agar tidur mu tidak akan diganggu oleh makhluk halus, dan kamu tidur pun akan dalam keadaan suci.

No comments:

Post a Comment

Designed By